Resume Baru
Loading...

Selamat datang di ResumeBukuBestseller. Blog ini menerima resume-resume buku bestseller nasional dan internasional (yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia). Jadi, kirimkan email Anda ke ismailmidi@gmail.com untuk menjadi salah satu kontributor blog ini dan berbagi dengan yang lain.

Blog ini hanya memberikan ringkasan yang tentu saja jauh lebih sederhana dari buku aslinya. Silahkan beli bukunya untuk mendapatkan isi yang lebih lengkap.

Tuesday 19 November 2013

8 Sifat Untuk Sukses "8 To Be Great"

08:28

Detail Buku

  • Judul : 8 Sifat untuk Sukses
  • Pengarang : Richard ST. John

Resume Buku:

Bagaimana seorang pemalu mewawancarai lebih dari 500 orang yang sukses pada bidangnya? Bagaimana orang-orang itu dalam mencapai sukses dan menjadi pribadi yang hebat? Dapatkah kita menjadi seperti mereka bahkan lebih? Hal-hal tersebut lah yang ingin disamapaikan pengarang melaui buku ini. Buku “8 to be greater” ini menjelaskan 8 sifat untuk menjadi orang yang sukses berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis dari berbagai sumber, termasuk mewawancarai 500 orang yang sukses pada bidangnya.

Passion, sifat pertama yang dipunyai oleh orang sukses ialah mereka mencintai apa yang mereka kerjakan.  Seorang pengembang real estate terkenal, Donald Trump, berkata, “Saya tidak ambisius. Saya hanya menyukai apa yang saya kerjakan, dan jika anda juga mencintai apa yang anda lakukan, Anda akan melakukan banyak demi hal itu. Dan kemudian, orang akan berkata, anda orang yang ambisius”. Cintailah pekerjaan anda karena itu merupakan langkah awala menuju kesuksesan.

Kerja, Sifat kedua yang dipunyai orang-orang sukses adalah mereka bekerja sangat keras. Orang-orang hebat memikirkan pekerjaan mereka meski mereka sedang tidak di tempat kerja, inilah yang dilakukan oleh orang yang lebih sukses disekeliling anda. Bahkan Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, berkata “Ketika aku pergi ke kantor setiap pagi, aku merasa seperti sedang pergi ke sistine chapel untuk melukis”. Apakah anda juga merasa demikian setiap kali anda pergi bekerja?

Fokus, berarti mengkhususkan kemampuan kita pada suatu hal, dan menjadi ahli dalam hal tersebut. Namun dalam menciptakan focus-minded harus dihindari narrow-minded (berfikir sempit). Berpikir sempit berarti menolak informasi baru, sehingga seringkali kita mengabaikan informasi yang penting.

Motivasi, orang sukses memotivasi diri mereka sendiri untuk mengatasi rasa malu, ragu dan takut. Mereka mendorong melampaui apa yang diharapkan.  Sehingga apa yang harus kita lakukan adalah memulai untuk memotivasi diri kita sendiri menjadi apa yang kita inginkan. Pikirkanlah apa impian anda dan jadikan itu motivasi anda.

Ide, sifat kelima yang dimiliki orang sukses adalah mereka hadir dengan ide-ide yang menakjubkan. Bahkan perusahaan microsoft yang kita kenal sekarang berasal dari sebuah ide kecil Bill Gates yang ingin mendirikan perusahaan microcomputer pertama di dunia. Dimana pada saat itu orang-orang belum memikirkan tentang penggunaan komputer secara retail. Jadi, jangan sia-siakan ide anda meski sekecil apapun.

Pengembangan diri, penyempurnaan merupakan sesuatu hal yang sangat penting, orang sukses, meraka secara konstan memperbaiki diri mereka sendiri dan kinerja mereka. Menurut penulis perbaikan berkelanjutan berarti melakukan tiga hal: 1. Menjadi baik dibidangmu, 2. Terus berusaha menjadi lebih baik, 3. Tujulah performa terbaikmu. Menjadi pertanyaan,  apakah kita sudah mengembangkan diri kita menjadi performa terbaik kita?

Melayani, ciri ketujuh yang dipunyai oleh orang-orang sukses adalah mereka melayani orang lain. Malayani orang lain merupakan salah satu hal terpenting yang bisa kita lakukan untuk meraih sukses. Namun banyak diantara kita lebih suka melayani diri sendiri, dari pada melayani orang lain, jadi mengapa harus repot melayani orang lain? Salah satu jawabannya adalah dengan melayani akan membuat anda kaya. Bagaimana hal itu terjadi?

Tekun, Sifat kedelapan adalah tekun, berarti kemampuan untuk terus berjuang baik dalam kegagalan, rasa sakit, penolakkan dan semua hal buruk yang kita hadapi. Orang-orang paling sukses merupakan orang-orang paling tekundalam melakukan pekerjaannya. Ingtlah bahwa kesuksesan sejati tidak diraih dalam satu malam.

Kedelapan sifat inilah yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca, dengan harapan kita semua dapat menjadi orang-orang sukses dengan cara mencontoh orang sukses. Pembaca akan diajak untuk berpikir layaknya orang-orang yang telah sukses untuk dapat menerapkan pada diri kita masing-masing.

“Sudah siapkah kita untuk sukses?!

2 komentar:

  1. Setiap orang pasti ingin sukses, tapi tidak semua orang yang berkorban dan serius untuk menggapai sukses.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer